Majalah Jurnal

SEJARAH SINGKAT

Akademisi dan peneliti berkumpul untuk menyamakan visi dan misi, terkait dengan realitas di dunia pendidikan tanah air yang mengkhawatirkan. Mereka adalah lulusan dari berbagai universitas baik negeri maupun swasta, seperti : UGM, UNS, UNDIP, dsb, yang merasa terpanggil untuk memberikan sumbangsihnya demi melihat realitas pendidikan tanah air. Realitas yang mengkhawatirkan misalnya kenyataan bahwa tidak sedikit dari siswa SMP dan SMA, khususnya di provinsi jawa tengah yang tidak dapat mendapatkan ijasah kelulusan, karena nilai mereka tidak memenuhi standart kelulusan yang telah di tetapkan. Selain itu, pada sisi pengelolaan sekolah ditemukan kenyataan bahwa kemampuan sekolah untuk melakukan manajemen sekolah, misalnya : penentuan KKM, penyusunan RPP dan Silabus belum memiliki standart yang secara sistematis mampu meningkatkan kelulusan siswa pada setiap tahunnya. Pertanyaan yang seharusnya dapat dijawab oleh pengelola sekolah, misalnya :

” apa yang menjadi parameter untuk menentukan KKM setiap mata pelajaran maupun mulok ?”

Di indikasikan bahwa pengelola sekolah yang tidak memiliki standart baku dalam menetapkan standart KKM dengan mudah menetapkan KKM di atas nilai 7,5 per setiap mata pelajaran. Akhirnya terjadilah mekanisme “kejar setoran” yaitu guru dengan mudah memberikan nilai terhadap siswa karena mengejar nilai yang ditetapkan dalam KKM tersebut. Tentu saja, realitas bahwa tidak sedikitnya siswa yang tidak lulus boleh jadi terkait dengan mekanisme seperti ini. Singkatnya karena pengelola sekolah berorientasi pada nilai ujian sekolah yang tinggi. Akhirnya ketika dilakukan ujian nasional banyak siswa yang tidak mampu mengerjakan meskipun siswa-siswa tersebut sering mendapatkan juara satu di kelas maupun mendapatkan peringkat sepuluh besar di kelasnya.

Mencermati fenomena di dunia poendidikan tersebut, akhirnya pada bulan Agustus 2009 berdirilah satu komunitas peneliti yang berusaha untuk memberikan masukan-masukan ilmiah dalam pengelolaan dunia pendidikan. Komunitas tersebut tidak hanya bergelut di dunia penelitian saja, akan tetapi juga dalam bentuk training perngelolaan sekolah serta publikasi karya ilmiah bagi para penelitian baik anggota komunitas maupun umum dengan satu komitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan saat ini.

|

Tomorrow must be better than today