Penelitian Ilmiah

SEJARAH PENELITIAN ILMIAH

Awalnya lulusan dari berbagai Universitas di Negeri maupun swasta di Propinsi DIY maupun Yogyakarta berkumpul untuk mencurahkan simpati mereka terhadap rendahnya kualitas lulusan SMP dan SMA sederajat terutama dilihat dari tidak sedikitnya jumlah siswa yang tidak lulus pada setiap tahunnya.

Para sarjana lintas universitas tersebut kemudian melakukan analisis guna mencari penyebab tidak sedikitnya siswa yang tidak lulus tersebut. Setelah itu berusaha untuk merumuskan solusi atas persoalan tersebut. Upaya yang dilakukan secara akademik dan dilakukan melalui metode-metode ilmiah. Sehingga sampai bulan Agustus 2009 para sarjana universitas tersebut merasa bahwa upaya-upaya ilmiah yang selama ini dilakukan sudah selayaknya untuk dipublikasikan kepada khalayak umum dengan maksud memberikan pemahaman kepada khalayak umum tentang pentingnya peningkatan kualitas pendidikan di tanah air.

Upaya mempublikasikan ini kemudian diwujudkan dengan membuat 1 media cetak maupun elektronik.Para sarjana lintas universitas tersebut merasa bahwa dengan menyampaikan ide-ide yang berupaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan ini kepada masyarakat adalah suatu wujud peran serta yang positif sebagai warga Negara untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Scientific Journal memaparkan fakta dan data di dunia pendidikan, melakukan analisis kritis-teoritis dan praxis secara faktual dan aktual di dunia akademis, serta sebagai media ilmiah bagi para peneliti untuk mempublikasikan hasil penelitiannya. Jurnal ini terbit setahun _ kali pada bulan _. Redaksi mengundang para pakar untuk menuangkan gagasannya dalam rangka turut melakukan pencerahan dan pengembangan dunia pendidikan di Indonesia guna mewujudkan masa depan bangsa yang prospektif

Prosedur Pengerjaan Produk

1. Redaksi menerima tulisan berupa space iklan, iklan produk, pengumuman penting, iklan yang lain untuk di jadikan sebagai bahan tulisan terbitan.

2. Redaksi menerima tulisan ilmiah, jurnal, dan karya-karya ilmiah yang lain dari pihak luar redaksi akan tetapi redaksi memiliki hak mengedit seperlunya tanpa mengurangi isi, tulisan dalam hal tanggung jawab terhadap isi, tulisan menjadi tanggung jawab sepenuhnya penulis yang bersangkutan.

3. Redaksi merumuskan dan menetapkan karya-karya ilmiah dari pihak internal redaksi untuk di cetak atau di terbitan dalam periode bulanan. jumlah tulisan atau tema pembahasan di tetapkan oleh redaksi sesuai dengan Renstra (rencana strategis) redaksi. point pertama dan kedua diatas di kenakan biaya sebagaimana di jelaskan pada prosedur financial.

4. Oplah dan ketebalan halaman setiap terbitan minimal 60 halaman dengan teknik penulisan yang di tetapkan oleh penyunting teknis.

5. Naskah dan atau tulisan yang akan di publikasikan harus di terima oleh redaksi minimal 1 bulan sebelum di publikasikan.

6. Artikel yang di muat pada jurnal Majalah Pendidikan adalah hasil penelitian atau gagasan orsinal mengenai pendidik an dan pengajaran berbagai bidang keilmuan baik ilmu social, humaniora, sains, maupan teknologi.

7. Artikel yang dikirim dalam bentuk print out ditulis dalam format Times New Roman spasi 2 maksimal 30 halaman.

Format artikel meliputi pola sebagai berikut :

JUDUL

Nama Penulis

Nama Intansi/ Lembaga tampat bekerja

Abstrak beserta kata-kata kunci dalam bahasa inggris (untuk naskah berbahasa Indonesia) dan bahasa Indonesia (untuk naskah berbahasa inggris

1. Pendahuluan meliputi : latar belakang, rumusan masalah, tujuan, manfaat,dan tinjaun pustaka (dan landasan teori) yang masing-masing tidak ditulis dalam subbab (heading).

  1. Metode penelitian (untuk naskah hasil ringkasan penelitian)
  2. hasil dan pembahasan (subbab ini menyesuaikan dengan topic kajian/bahasannya), jika masih dirinci ke dalam subbab, maka penomorannya mengikuti pola sebagai berikut :
    1. ………
    2. ………
    3. ………

Catatan : Jumlah subbab sesuai dengan kebutuhan selaras dengan tujuan penelitian / pembahasan.

2. Penutup berupa simpulan dan saran.

3. Daftar Pustaka berisi ‘hanya’ pustaka yang dirujuk dalam uraian naskah dan ditulis dengan pola sebagai berikut : Nama Pengarang (nama akhir lebih dahulu jika namanya lebih dari satu kata).Tahun terbit.Judul.Kota Terbit:Penerbit. Gelar Akademik/ Kesarjanaan tidak disertakan.

4. Biodata singkat penulis disertakan bersama naskah.

5. Identitas tulisan dicantumkan sebagai catatan kaki pada halaman pertama naskah. Jika naskah merupakan hasil ringkasan penelitian, maka disebutkan penyandang dana dan nomor kontraknya; dan jika naskah berupa makalah yang pernah diseminarkan, maka disebutkan tanggal dan tempat pelaksanaannya.

6. Bahasa dalam jurnal Majalah Pendidikan merupakan ragam bahasa akademik/ ilmu yang bercirikan : kata, frasa, klausa, dan kalimat yang baku, jelas, tegas, dan efektif.

7. Naskah dikirimkan kepada Redaksi disertai disket dengan file Microsoft Words.

8. Naskah yang diterima redaksi dinilai layak-tidaknya dimuat berdasarkan penilaian dari Penyunting Ahli. Setelah mendapat rekomendasi dari mereka, naskah diterima atau tidak; diterima penuh tanpa revisi sama sekali atau naskah harus diperbaiki lebih dahulu oleh penulisnya. Setelah direvisi oleh penulisnya, lalu naskah beserta disketnya dikirimkan kembali kepada redaksi jurnal Majalah Pendidikan.

JENIS PRODUK

Jenis produk yang ada di majalah ini adalah :

terbitan, cetak, dan elektronik

|

Tomorrow must be better than today